Perulangan For, While, Do While dan Foreach Loop Unity

  • 2 min read
  • Jun 26, 2020
Perulangan For, While, Do While dan Foreach

Pada postingan kali ini kita akan belajar tentang struktur kontrol perulangan For, While, Do While dan Foreach Loop di dalam bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograman C# yang ada di Unity.

Tentu, sebelum kita mengetahui apa yang dimaksud dengan beberapa macam perulangan diatas kita harus paham terlebih dahulu dengan struktur kontrol perulangan itu sendiri.

Jadi struktur kontrol perulangan adalah sebuah pernyataan yang mengijinkan kita untuk menjalankan beberapa baris kode program secara berulang-ulang sesuai dengan jumlah tertentu yang kita inginkan.

Misalnya saja ni,  kita memiliki sebuah baskom yang kosong dan agar baskom tersebut dapat terisi air dengan penuh maka kita membutuhkan 10 ember air.

Otomatis kita melakukan proses pengisian mulai dari ember pertama sampai ember kesepuluh, dan proses ini kita lakukan berulang-ulang atau dalam pemrograman kita kenal dengan perulangan.

Jika temen-temen sudah paham dengan penjelasan tentang perulangan diatas.

Mari kita lanjutkan…

Perulangan For, While, Do While dan Foreach Loop Pada C# Unity

Perulangan For

Perulangan ini kita pakai pada saat kita melakukan perulangan dengan jumlah yang sudah diketahui pasti.

Contoh Syntax:

 for(inisialisasi; kondisi; penambahan/pengurangan){
            Pernyataan;
        }

Keterangan :

  • inisialisasi = inisialisasi dari variabel loop
  • kondisi = membandingkan variabel loop pada nilai batas tertentu
  • penambahan/penguranan = merubah/melakukan update pada variabel loop

Contoh kode program:

Penjelasan:

Kita membuat inisialisasi variabel yaitu i = 1, selanjutnya kondisi i<=5 diperiksa. Jika kondisi bernilai benar, pernyataan didalam for loop dijalankan. Kemudian, ekspresi i++ di eksekusi, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan kondisi i<=5 lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.

Perulangan While

Perulangan ini kita pakai pada saat melakukan perulangan dengan jumlah yang belum diketahui pasti. Pernyataan pada while akan dikerjakan setelah pengecekan kondisi pada while yang bernilai benar.

Contoh Syntax:

 while (kodisi){
            Pernyataan;
        }

 Contoh kode program:

Penjelasan:

Kode program diatas akan mencetak angka 5432 pada console. Yang penting kita ingat saat menggunakan perulangan while yaitu pada bagian i–; dan jika bagian ini kita hilangkan maka kita akan mendapatkan hasil perulangan yang terus-menerus (infinite loop).

Perulangan Do While

Perulangan ini hampir sama dengan perulangan while dan dipakai pada saat kita melakukan perulangan dengan jumlah yang belum diketahui pasti. Bedanya pernyataan pada do akan dijalankan terlebih dahulu, baru setelah itu dilakukan pengecekan kondisi pada while.

Contoh Syntax:

  do{
         Pernyataan;  
       } while (kondisi);

 Contoh Kode Program:

Penjelasan :

Kode program diatas akan mencetak angka 012345, karena variabel i dimulai dari angka nol dan kondisi pada while kurang dari samadengan 5.

Perulangan Foreach

Perulangan ini adalah fungsi perulangan yang digunakan untuk melakukan perulangan pada elemen-elemen larik didalam array tanpa perlu kita menspesifikasikan batas lari yang bersangkutan.

Contoh Syntax:

  int[] _array = {masukkan nilai array yang diinginkan};   
        
        foreach (int i in _array){  
            Pernyataan;
        }

 Contoh kode program

Penjelasan :

Pertama kita membuat sebuah variabel array dengan nama strings bertipe string dan memiliki elemen “elemen string pertama, elemen string kedua dan elemen string ketiga”.

Kemudian diulang menggunakan foreach, elemen array pada variabel strings diberikan ke variabel baru yaitu variabel getItem.

Selanjutnya pernyataan akan dijalankan sampai semua elemen di dalam array habis.

Temen-temen dapat mencoba menjalankan kode program diatas dengan membuat sebuah file c# baru kemudian tambahkan ke dalam MainCamera atau emptyObjek di dalam unity dan di Play.

Untuk postingan kali ini cukup sampai disini dulu, jika temen-temen masih bingung dengan penjelasan yang ada didalam postingan ini silahkan sobat berkomentar di kolom komentar.

Selamat mencoba dan terimakasih telah mampir diblog sederhana ini

Sampai jumpa:).

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *