Variabel dan Tipe Data Pada C Sharp Unity

  • 4 min read
  • Jun 24, 2020
Variabel dan Tipe Data Pada C Sharp Unity

Halo temen-temen bagaimana kabarnya… semoga selalu sehat terus ya  di masa-masa Covid-19 seperti ini. Baiklah pada postingan ini kita akan belajar lagi tentang Variabel dan Tipe Data pada bahasa pemrograman C# (c sharp) di unity.

Sebenernya postingan ini sebelumnya sudah pernah saya tulis, karena ada beberapa perubahan pada blog ini jadi enggak ada salahnya saya tulis kembali ya temen-temen.

Apa itu Variabel dan Tipe Data?

Simpelnya variabel ini merupakan bagian memory yang berfungsi untuk menampung atau menyimpan data. Itulah fungsi utama dari variabel temen-temen.

Kalau kita baca penjelasan variabel di petanikode.com. Data atau nilai yang kita simpan di variabel tersebut akan tersimpan dalam memori (RAM) dan semakin banyak kita membuat variabel maka semakin banyak pula ruang memori yang dibutuhkan.

Sebuah variabel dapat kita inisialisasikan dengan nilai awal dan nilai ini selanjutnya dapat berubah sesuai dengan proses yang kita lakukan.

Perlu kita ingat juga, variabel harus ada dalam sebuah kelas atau metode dan setiap variabel harus memiliki tipe data dan diberi nama yang unik, menarik dan menggelitik haha 😀 sehingga berbeda satu dengan yang lainnya.

Tipe data itu sendiri dapat kita artikan sebagai jenis-jenis data yang memiliki jangkauan nilai yang akan disimpan di dalam variabel. Seperti data angka, huruf, teks, objek, dll.

Nah.. biar lebih mudah memahaminya biasanya saya sih lebih mudah menganalogikan variabel ini sebagai wadah penyimpanan gitu ya dan wadah tersebut memiliki sebuah jenis yang berbeda atau bisa kita sebut juga dengan tipe data.

Macam-macam Tipe Data pada C# (C Sharp)

Kalau kita baca-baca didokumentasinya mircrosoft, tipe data pada C# memiliki tipe-tipe data atau nilai yang dibagi lebih lanjut menjadi tipe sederhana, tipe enum, tipe struct, dan tipe nilai nullable. Wah apa an itu bro wkwkw

Ada juga yang tipe reference seperti objek yang dibagi lagi menjadi tipe kelas, tipe antarmuka (interface), tipe array, dan tipe delegasi. Lebih lengkapnya temen-temen bisa baca-baca sendiri di dokumentasinya microsoft tentang variable and data types.

Tapi khusus untuk temen-temen yang masih baru belajar pemrograman ini ya, tidak perlu harus tahu dulu semuanya. Cukup ingat beberapa jenis tipe data yang digunakan saja.

Berikut beberapa jenis tipe data yang sering digunakan:

  • int adalah tipe data yang berupa angka, contohnya 0, 1, 9, 4
  • string adalah tipe data yang berupa teks, contohnya “Skor Anda: ”
  • float adalah tipe data yang berupa angka pecahan, contohnya 1.7f (huruf f artinya float)
  • bool adalah tipe data boolean yang hanya bernilai benar (true) dan salah (false)

Ini saya tambahkan tabel semua tipe data primitif yang ada di C#. Lengkap dengan range dan nilai defaultnya yang saya dapatkan dari PetaniKode.Com.

Tabel macam-macam tipe data lengkap dengan nilai rangenya

Aturan-aturan Penamaan Variabel

Untuk aturan penulisan atau penamaan variabel pada bahasa pemrograman C# dianjurkan sebagai berikut:

  • (Opsional) Jika nama variabel hanya terdiri dari satu abjad atau satu kata, maka semua abjad dituliskan sebagai huruf kecil. Contoh: “speed”, “jump”, “attack”
  • (Opsional) Jika nama variabel terdiri dari dua kata atau lebih, maka kedua kata itu digabungkan. Huruf pertama dari kata pertama sebaiknya huruf kecil, sedangkan huruf pertama pada kata kedua dan kata berikutnya ditulis dengan huruf kapital. Contoh: “isGrounded”, “moveSpeed”
  • Variabel tidak boleh diawali dengan angka (0, 1, 2, …). Contoh: “4youbro”, “1Cak”
  • Tidak boleh menggunakan spasi. Contoh: “double jump”
  • Untuk spasi bisa kita ganti dengan simbol _ (underscore). Contoh: “_jump”, “double_jump”
  • Variabel bisa menggunakan huruf kemudian diikuti dengan angka dibelakangnya. Contoh: “ben10”
  • Terakhir jangan ngawur saat memberi nama variabel. Contoh: “jancuuukK”

Cara Penulisan Variabel C# Unity

Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data, ada baiknya sekarang kita mempraktekannya langsung di unity ya temen-temen..!

Jadi untuk langkah awal kita buka dulu program unity, setelah itu kita buat project baru

Kita buat sebuah folder baru dengan nama Scripts, di dalam folder Scripts kita buat sebuah file script c# yang disini saya berinama BelajarPemrogram.cs

Temen-temen buka terlebih dahulu scriptnya di Kode Editor yang temen-temen biasa gunakan, selanjutnya silahkan temen-temen tulis kode program berikut

Keterangan

  • BelajarPemrograman adalah nama kelas kita
  • Simbol : maksudnya adalah sebuah extends atau turunan yang disini turunan dari kelas MonoBehaviour
  • Perlu diperhatikan dalam penamaan kelas haruslah sama dengan nama file
  • print() adalah fungsi untuk mencetak atau untuk output dari sebuah pernyataan
  • Start() adalah fungsi yang digunakan untuk inisialisasi saja atau juga suatu fungsi yang akan di panggil lebih dulu sebelum fungsi Update
  • Update() adalah fungsi yang akan dipanggil setiap frame
  • ketika kita menggunakan tipe data float kita harus menambahkan huruf f, huruf ini digunakan untuk menandakan bahwa ini adalah tipe data float dan jika kita tidak menambahkan huruf f ini maka kita akan mendapat pesan error seperti berikut

Error Unity

Oke selanjutnya setelah kita menuliskan kode program di atas kita simpan file script tersebut dan kembali ke Unity dan tunggu sebentar sampai Unity selesai mengcompile program.

Setelah itu kita drag dan drop file BelajarPemrograman.cs ke dalam objek kamera atau temen-temen bisa menambahkan sebuah objek baru dan letakkan file tersebut di dalamnya.

Lanjutkan dengan menekan tombol Play dan kita lihat pada tab console maka hasilnya sebagai berikut

Tab Console Unity

Penutup

Dari program diatas kita telah belajar membuat sebuah variabel dan tipe datanya

Tentu, variabel berfungsi untuk menampung atau menyimpan data dan dapat kita analogikan sebagai sebuah wadah, sedangkan tipe data sebagai sebuah jenis data yang memiliki jangkauan nilai.

Setelah itu kita telah berhasil mencetak sebuah variabel hasil yang berisi operasi penjumlahan antara variabel nilai1 dan nilai2

Untuk lebih paham mengenai variabel dan tipe data, temen-temen dapat mencoba dan memperaktekannya sendiri dengan menambahkan beberapa variabel dan tipe data yang lainnya.

Jika temen-temen masih bingung atau tambah bingung setelah membaca postingan ini, silahkan ditanyakan di kolom komentar dan kita akan berdiskusi asik tanpa mengusik.

Selamat mencoba dan terimakasih.

Link Terkait:

  1. https://docs.microsoft.com/id-id/dotnet/csharp/tour-of-csharp/types-and-variables
  2. https://www.petanikode.com/cs-variabel/

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *